Statistik Pengunjung

Rabu, 16 Desember 2015

Cerita tentang Selective Foccus



Hening dan Berkarakteristik
Taken By Dewi Nurmala Sari
At Wanagama Forest, Gunungkidul, Yogyakarta


              Gambar di atas saya ambil pada saat saya melaksanakan kegiatan Pendidikan Dasar Unit Kegiatan Mahasiswa Seni Rupa dan Fotografi. Tugas fotografi yang hasil akhirnya akan dinilai oleh senior pada saat itu, dengan tema "Hening dan Berkarakteristik". Para peserta diminta untuk berkeliling di sekitar basecamp dan hunting foto. Saya memang merasakan keheningan ditengah hutan Wanagama, sambil berjalan pelan menelusuri hutan kota tersebut dan tiba-tiba mata ini tertuju pada pohon yang hampir tumbang namun seperti masih berusaha menopang tubuhnya. Situasi pada saat itu benar-benar hening dan pohon tersebut terlihat memiliki karakteristik.
         Akhirnya saya memutuskan untuk mengambil gambar tersebut dengan teknik selective focus. Selective focus merupakan teknik memfokuskan gambar atau objek dengan dikelilingi subjek yang blur atau buram. Jika dilihat dari gambar di atas, nampak bagian depan (batang pojok kiri) terlihat blur dan bagian belakang objek juga nampak buram. Dari gambar tersebut saya mendapatkan nilai tertinggi kedua, dari rekan-rekan yang lain dan mendapatkan hadiah berupa bingkai kecil. Bahagia kala itu, tidak dapat dibohongi. Kali pertama saya mendapatkan nilai positif dari hasil fotografi yang sangat amatir ini. Kedepannya, saya akan terus belajar tentang teknik fotografi :)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Little Finger